Ini Akibat Terlambat Ganti Oli Motor

Pelumas atau oli berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja. Selain itu, oli juga menghindari mesin dari kerusakan saat dijalankan. Dengan sederet fungsi itu, rasanya penting merawat sepeda motor dengan mengganti oli mesin secara rutin.
"Oli berfungsi untuk meminimalkan gesekan-gesekan antarlogam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin menjadi halus atau sedikit hambatan," beber pemilik bengkel motor Asian Motor, Yora, kepada hotinnew.blogspot.com, di Malang, Senin (5/12/2016).
Terlambat mengganti oli bisa berefek buruk terhadap performa mesin. Sebab fungsi dari oli mesin adalah sebagai pelumas mesin untuk mengurangi gesekan antar komponen dan sebagai pendingin mesin.
Selain itu, jika oli mesin lama tidak diganti, gesekan antar komponen mesin tersebut akan makin kasar. Akibatnya, tarikan mesin jadi lebih berat. Kondisi ini akan membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar dan membuat Bahan Bakar Minyak (BBM) lebih boros.
Yora menyarankan agar mengganti oli motor secara berkala. Biasanya pada kemasan oli tertera petunjuk pemakaian dengan penggantian setiap 1.500-4000 km.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Ini Akibat Terlambat Ganti Oli Motor"

SPNET Group said...

Emmm ya si, kalau saya kan punyanya motor paling untuk penggantiannya setiap 2.000 km saja mas hehe