4 Bahan Alami untuk Meredakan Gusi Bengkak

Mengalami gusi bengkak sangat tidak nyaman. Bengkaknya gusi biasanya dibarengi dengan rasa nyeri yang menyiksa. Penyebabnya beragam namun umumnya karena pengaruh infeksi  bakteri mulut. Gigi berlubang  menjadi salah satu pintu masuknya bakteri ke area gusi yang selanjutnya memicu infeksi.
Nyeri karena pembengkakan gusi bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan antiinflamasi dan antipiretik. Namun jika ingin mengatasinya lewat cara alami, beberapa bahan berikut dapat digunakan:
Lidah buaya. Gunakan lendir atau daging lidah buaya sebagai obat kumur. Bisa juga lendir tersebut dipakai untuk dioleskan pada area gusi yang sakit. Zat-zat dalam lidah buaya membantu meredakan peradangan pada gusi.
Akar manis. Seduh ekstrak akar sari dan gunakan airnya untuk berkumur-kumur. Akar manis dapat menyembuhkan nyeri gusi akibat peradangan. Tanaman ini mungkin agak sulit dicari karena tumbuh dsebagai semak di wilayah yang banyak paparan matahari.
Air garam. Cara ini sudah sangat umum dipakai sebagai obat tradisional untuk sakit gigi. Namun air garam juga bisa untuk mengatasi sakit gusi. Cukup seduh secukupnya garam pada air hangat dan kumur-kumur dengan air itu.
Minyak cengkeh. Minyak ini mampu membunuh bakteri-bakteri di dalam mulut. Cukup teteskan minyak cengkeh pada gusi yang sakit untuk meredakan pembengkakan guzi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Bahan Alami untuk Meredakan Gusi Bengkak"