Magic Ring Viar Buatan Lokal

Viar Motor Indonesia, prinsipal otomotif asal Semarang, akan memperbesar nilai kandungan lokal pada kendaraannya, spesifiknya di bagian magic ring. Komponen ini akan dipasok oleh startup teknologi bernama Sumi Inotech.
Magic ring sendiri merupakan alat penghemat bahan bakar, sebagaimana namanya, berbentuk cincin dengan lubang-lubang di sekelilingnya.
Alat ini bekerja dengan memanfaatkan kerja overlapping mesin. Persisnya, magic ring memanfaatkan sisa gas aktif yang dalam kondisi normal akan terbuang melalui knalpot untuk dimanfaatkan kembali dengan cara pressure back.
Akibatnya, campuran gas aktif di ruang bakar lebih homogen sehingga tenaga dan akselerasi meningkat, juga lebih ramah lingkungan.
Dalam rilis resmi yang diterima Kabarna.ID, disebutkan bahwa kerja sama keduanya ditanda tangani di hadapan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, di pameran Indonesia Innovation & Innovator Expo (I3E) yang dihelat di Mall Grand Metropolitan, Bekasi (17/11/2016).
Dalam nota kesepahaman tersebut, disebutkan bahwa Sumi Inotech akan memasok magic ring ke Viar sebanyak 1.000 pcs per bulan atau setara 12 ribu pcs per tahun. Ini sama dengan 80 persen dari total produksi Sumi Inotech.
Magic ring pertama-tama akan diaplikasikan pada motor roda tiga Karya, dan motor offroad Cross X. “Ke depan harapan kami, semua varian motor Viar dapat menggunakan magic ring,” ujar Sumiyanto, Direktur Indo Sumitech.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Magic Ring Viar Buatan Lokal "